Troubleshooting Modem

Troubleshooting koneksi Modem Speedy

Setelah pemakaian Speedy hampir seminggu berjalan cukup baik, akhirnya datang juga masalah baru dengan Speedy. Saat ini Speedy gak bisa aku pake karna modemnya gak mau dial. Proses dial ke server terlihat dari lampu indikator “Link” yang berwarna hijau kelap-kelip (blink) dan seharusnya diikuti warna hijau solid yang menyatakan proses dial udah oke… tapi ini sebaliknya, setelah nge-blink, indikator “Link” mati lagi dan setiap 1 menit mencoba proses dial lagi… nge-blink lagi… dan gagal lagi!
Modem speedy yang aku pake saat ini adalah Sanex seri SA 5100, katanya sih yang baru karna udah ada logo Speedy di modemnya.
Kalo aku gambarkan, kondisi modem seperti dibawah ini:
  • Koneksi internet langsung jalan kalo ada telpon (masuk/keluar) tapi kalo telpon ditutup koneksi akan langsung putus
  • Saluran telpon berfungsi dengan baik dan tidak “kemresek” (kasus sebelumnya disebabkan kualitas kabel yang tidak bagus / uzur)
  • Saluran dari modem ke laptop yang diwakili lampu indikator “Ethernet” berfungsi dengan baik alias lampunya menyala normal dengan wana hijau solid
  • Kondisi modem yang diwakili lampu indikator “Power” berfungsi dengan baik alias lampunya menyala normal dengan warna hijau solid
  • Tidak ada perubahan konfigurasi apapun sebelum terjadinya gangguan ini

0 komentar:

Posting Komentar